10 TRIK Merawat Handphone

Standar

Handphone ibarat organ tubuh bagi manusia. Yapp .. kita sudah menganggap handphone sebagai kebutuhan hidup, dan 10 menit nggak pegang, rasanya ada yang hilang, hampa, galau. Tapiii.. handphone sama seperti barang-barang kita lainnya, kalau nggak dirawat bisa cepet rusak dan kita bisa ngeluarin biaya lagi. Ini nih tips merawat handphone…

  1. Jauhi handphone dari barang elektronik lainnya. Magnet yang ada dibarang elektronik tuh bisa merusak kenerja mesin handphone bahkan merusak apa yang telah disimpan dimemori. Menurut buku Pengetahuan Teknik Informatika karangan Daryanto, handphone tersusun atas ratusan komponen mikro yang terdiri dari IC Pencacah dan IC Saklar plus diode. Ketiga komponen ini sangat peka dengan gaya magnet. Dan magnet juga dapat menganggu gelombang elektromagnetik yang diterima dan dipancarkan sama handphone.
  2. Jangan terlalu sering memakai handphone dalam keadaan di charge. Handphone akan cepat panas dan baterai handphone bisa mengembung. Ini juga memungkinkan ion + (positif) dan – (negative) dalam baterai nggak bisa bekerja secara maksimal dan tentunya akan mengalami penurunan kerja hingga mengakibatkan baterai cepat drop.
  3. Charge handphone samapai penuh, jangan melakukan charge berulang-ulang. Karena itu juga bisa memperpendek usia baterai.
  4. Gunakan pengaman kayak sarung handphone atau leather case untuk melindungi dari benturan dan lecet pada casing. Kalau sudah lecet kan jadi nggak menarik lagi.
  5. Rajin bersih-in handphone minimal 2 hari sekali. Soalnya, kotoran lebih gampang nempel di casing dan dampaknya bisa berbahaya untuk kesehatan. Menurut pakar, jumlah jenis bakteri di handphone 18 kali lebih banyak ketimbang di toilet. Jadi nggak heran kalau bakteri ponsel bisa menyebabkan sakit perut.
  6. Pakai screen guard atau anti gores untuk layar biar nggak gampang tergores. Kalau sudah tergores biasanya membutuhkan biaya perawatan yang mahal sekali. Apalagi kalau LCD (Liquid Crystal Display)  handphone juga ikut-ikutan tergores.
  7. Jangan sampai handphone terlalu lama terkena pancaran sinar matahari karena dapat mengurangi kenerja kualitas Kristal LCD. Sinar matahari yang langsung mengenai LCD akan menimbulkan kerusakan seperti terjadinya perubahan warna, baik casing maupun layar monitor LCD
  8. Kebanyakan data bisa bikin handphone cepet nge-Hang, LOH.. So. Sisakan kapasitas memori sekitar 20-30% untuk ruang kosong supaya kenerja handphone tetap cepat.
  9. Yang punya smartphone dengan system operasi kayak Symbian, Blackberry, Android. Wajib, download antivirus kayak  Kaspersky, AVG, Avira atau McAfee. Jenis virus yang berbahaya untuk handphone adalah worm dan Trojan. Menurut situs, virus-virus ini biasanya akan muncul melalui email, aplikasi, Bluetooth. Kalau sudah kena virus kebanyakan handphone langsung mati total. Jadi hati-hati nya..
  10. Jangan taruh handphone disaku belakang celana. Karena apabila dibawa duduk akan tertekan dan mengakibatkan elemen ponsel anda terganggu akibat seringnya tertekan. Komponen yang paling rentan rusak akibat diduduki adalah microphone bagian dalam dan LCD, serta kalo ditaru disaku belakang entar kena copet loh .. hiihihii

8 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s