Belajar Bahasa Thailand

Standar

Waduh, Thailand mulai menggebrak hatiku untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenainya.

Gara-gara deman MARIO MAURER nih hehe.

Virus bbang Maurer sontak saja langsung menjalar secara cepat disekitarku, tentunya dari film nya yang pertama kali buatku jadi meelting CRAZY LITTLE THING CALLED LOVE. Belum sempat bernafas lega karena film Thailand menurutku cuma itu aja yang bagus, mulai dah dapat copyian film SUCKSEED yang buat ngakak abis, tambah jatuh cinta ama Thailand.

Dan yang paling mengejutkan yang paling PANAS minggu ini bagi ku yaitu, kado ulang tahunku yang ke 19 TAHUN, didepannya ada tulisan SAWADEE PEE MAI. Shocked banget, nggak lazim sama sekali, biasanya kan Happy Birthday, Selamat Ulang Tahun, atau paling tidak Saeingil Chukkae Hamnida. Ternyata Eh Ternyata, BAHASA THAILAND.

jadi sekarang mau sedikit share tentang bahasa Thailand, walaupun bukan tagalog asli yang kayak CACING (hhehe). Ini cuma penyebutannya saja.

1. Sawaddi Kab/Kha = Salam

Sawaddi Kab/Kha merupakan salam jika bertemu seseorang dan tidak bergantung pada waktu. Bisa berarti selamat pagi, siang,sore atau malam. Menurut saya sawaddi kab/kha, seperti Assalamualaikum wr.wb. Kab diucapkan laki2 dan Kha untuk perempuan.

2. Khob Khun Kab/Kha = Terima Kasih

3. Khun = Bapak/Ibu, digunakan untuk memanggil nama depan orang dengan sopan, seperi Pak Suchai=Khun Suchai

4. Phi/Nong = Kakak/Adik

5. Sabai dii Mai = Apa kabar, arti harfiahnya sabai (senang) dii (bagus) mai (gak)?

6. Khotob kha/kab = permisi/maaf (excuse me)

7.  Yin dii tii dai ruu jak = senang bertemu anda

8. Mai Ao = tidak mau

9. Arai = Apa? (Ada apa)

10. Thao Arai = Berapa (harga) –> untuk berbelanja

Kamsap(Vocabulary)

Wan : Day
Wan-aa-tiit : Sunday
Wan-jan : Monday
Wan-angkaan : Tuesday
Wan-put : Wednesday
Wan-pa-ru-hat(sa-boo-dii) : Thursday
Wan-suk : Friday
Wan-sao : Saturday
Wan-yut : Holiday
Sao-aa-tiit : Weekend

Duan : Month
Ma-ga-raa(kom) : January
Gumpaa(pan) : February
Mii-naa(kom) : March
Mee-saa(yon) : April
Prutsa-paa(kom) : May
Mi-tu-naa(yon) : June
Ga-ra-ga-daa(kom) : July
Sing-haa(kom) : August
Gan-yaa(yon) : Sepetember
Dtu-laa(kom) : October
Prutsa-ji-gaa(yon) : November
Tan-waa(kom) : December

Ngaan : To work
Fang : To listen
Kui : To chat, to talk
Pop/Jaa : To meet, to find
Nang : To sit
Yuun : To stand
Deen : To walk
Wing : To run
Suu : To buy
Kaai : To sell
Roong : To sing
Dten : To dance
Len : To play
Kap : To drive
Kii : To ride
Dtok : To fall

Jamnuan: Numbers

0: Suun             11: Sip-et

1: Nung             12: Sip-song

2: Song              15: Sip-haa

3: Saam             20: Yii-sip

4: Sii                   21: Yii-sip-et

5: Haa                40: Sii-sip

6: Hok                45: Sii-sip-ha

7: Jet                  100: Nung-roy

8: Pet                  1000: Nung-pan

9: Gaao               10000: Nung-muun

10: Sip                 100000: Nung-suun

Conversation:

Woman : Sa-watdii ka   (Hello)

Man       : Sa-watdii khrap   (Hello)

Woman : Chan chu kiki. Kun chu a-rai ka?

(My name kiki, what is your name?)

Man       : Pom chuu Adam khrap.(My name adam)

6 responses »

  1. sawaddee kha..
    khob khun buat infonya..
    P’ hehey kok sama.,?
    aku juga lgi tergila-gila ma ‘MARIO MAURER’ niih..
    sejak film nya ‘FIRST LOVE/A LITLE THING CALLED LOVE’ huuuaa P’shone..P’mario..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s