Pendaftar UNIVERSITAS SRIWIJAYA Diprediksi Membeludak

Standar

Saya selaku mahasiswa di Unversitas Sriwijaya senang sekali dan pasti sebagian pembaca juga galau membaca postingan yang tertera di www.okezone.com ini. Berikut isi nya :

PALEMBANG – Universitas Sriwijaya (Unsri) masih menjadi Perguruan Tinggi (PT) favorit pilihan calon mahasiswa yang memastikan diri ambil bagian dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012.

Hingga kemarin, tak kurang 9.747 calon mahasiswa tercatat sudah mendaftar secara online. Ketua Panita SNMPTN Unsri Zulkifli Dahlan mengungkapkan, jumlah peminat Unsri terus bertambah sejak dibuka pendafaran resminya 10 Mei lalu. Mendekati batas penutupan pendaftaran 31 Mei mendatang, dia memprediksi jumlah peminatnya terus membeludak dan menembus angka puluhan ribu.

“Jumlah itu data sampai 27 Mei, pukul 09.30 WIB. Saya yakin besok jumlah pendaftarnya lebih banyak lagi. Soalnya mendekati akhir masa penutupan pendaftaran,” jelasnya.

Dijelaskan Zulkifli, 9.747 peminat Unsri yang sudah mendaftar terbagi atas tiga program yakni peminat program IPA 3.801 pendaftar, IPS 2.747 pendaftar dan IPS 3.199 pendaftar. Ribuan peserta nantinya akan melakukan ujian tulis pada 12-13 Juni 2012. “Kuota Unsri yang tersedia tahun ini 6.016 orang dan sudah terpenuhi sebagian melalui jalur undangan. Jadi ribuan siswa itu akan memperebutkan sisanya lagi melalui ujian tulis,” jelasnya.

Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, peminat Unsri, diakui Zukifli mengalami peningkatan. Hal itu tak terlepas dari sejumlah sosialisasi yang dilakukan panitia beberapa waktu sebelumnya ke seluruh kabupaten/kota se-Sumsel sehingga calon mahasiswa paham betul program studi apa yang bisa menjadi alternatif pilihannya.

Selain mengenai jumlah prodi yang ada, ajang sosialisasi tersebut sengaja dimanfaatkan untuk mengenalkan prodi-prodi baru yang masih membutuhkan banyak peminat seperti prodi Ilmu Kelautan. “Sosialisasi sendiri telah dilakukan sejak akhir April hingga awal Mei lalu. Bukan soal mekanisme SNMPTN saja, kami juga mengenalkan prodi-prodi yang ada di Unsri biar mereka lebih jelas,” ungkapnya.

Sampai H-3 penutupan pendaftaran SNMPTN, diakui Zulkifli tak ada kendala yang berarti dari para calon mahasiswa yang mendaftar. Hal itu terlihat dari banyaknya jumlah siswa yang terus mendaftar. Dia memprediksi hari Senin ini akan menjadi puncak pendaftaran karena sehari sebelumnya, pengumuman siswa yang lolos melalui jalur undangan sudah dikeluarkan.

“Senin kemungkinan akan ramai. Soalnya yang belum lolos jalur Undangan biasanya akan ikut mendaftar,” jelasnya.

Mengenai mekanisme pendaftaran tahun ini hampir sama dengan sistem pendaftaran seperti tahun lalu dengan sistem online melalui http://www.snmptn.ac.id. Setiap peserta akan dikenakan biaya pendaftaran Rp150 ribu jurusan IPA dan IPS, dan Rp175 ribu untuk ilmu pengetahuan campuran.

Hartanto, salah seorang calon pendaftar SNMPTN dari SMA Muhammadiyah 1 Palembang mengaku tidak kesulitan mendaftar SNMPTN karena bisa mendaftar dari rumah tanpa harus antre seperti beberapa tahun belakangan. Hanya saja, persiapan yang diperlukan juga lumayan banyak termasuk harus melakukan scanning foto dan teliti mengisi data. “Ya itu yang agak susah scanning foto. Kalau itu beres mendaftar lebih mudah. Website juga gampang dibuka jadi daftarnya lebih mudah,” ujar calon mahasiswa yang memutuskan memilih jurusan Administrasi Niaga Unsri. (komalasari/koran si)

Selamat berjuang bagi para peminat Universitas Sriwijaya, kami menunggu angkata muda yang siap berjuang bersama dalam naungan Universitas yang kita cintai ini.

Untuk halaman resmi dari Universitas Sriwijaya dapat kalian buka di :

www.unsri.ac.id

SEMOGA BERMANFAAT ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s