SNMPTN AKAN MENGGUNAKAN 4 KODE SOAL

Standar

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggin Negeri akan segera dihadapi oleh calon mahasiswa yang berniat menjadi mahasiswa disalah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.

SNMPTN setiap tahun mengalami perubahan, baik dari segi jumlah yang diterima maupun dari segi sistem penerimaannya. Seperti kita ketahui semenjak 2010 kemarin sistem SNMPTN sudah melalui via Online, dimana ada kegiatan mentransfer uang pendaftaran, pendaftara melalui website resmi SNMPTN, dan juga pengumuman secara Online dan media cetak.

Mengenai sistem penyeleksian tahun ini mengalami perubahan, selain dari pengawasan yang ketat, juga dalam penyeleksian dilakukan secara ketat juga, guna untuk menghindari aksi kecurangan dan untuk mendapat kan hasil dari penyeleksian yang benar-benar bermutu. Maka dari itu sebagian berpendapat, ujian yang sebenanya ujian adalah Ujian masuk perguruan tinggi negeri, karena  disana kita dihadapkan pada pilihan yang rumit dari berbagai jenis soal dan pilihan jawaban dari soal yang mungkin sedikit berbeda dari soal ujian nasional, karena terdiri dari 3 jenis soal, yaitu Tes Potensi Akademik, Tes Bidang Studi Dasar, dan Tes Bidang Studi IPA/IPS.

Selain dari ini,  soal yang seperti diatas juga selanjutnya dihadapkan pada 2 pilihan, untuk menjawab atau tidak, karena bila menjawab dan benar mendapat point 4 dan bila menjawab dan salah mendapatkan point -1. Sungguh dibutuhkan nyali dan metal serta kepercayaan diri dalam menentukan masa depan.

Update terbaru mengenai SNMPTN ini ternyata, calon mahasiwa yang akan melaksanakan ujian ini dihadapkan pada jenis soal yang terdiri dari 4 paket kode soal.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Ujian Tertulis 2012 semakin diperketat panitia dengan menggunakan empat kode soal berbeda. Pola ini ditargetkan mampu meminimalisasi praktik perjokian dan segala bentuk kecurangan lainnya.

Menurut Ketua Panitia Lokal (Panlok) 23 SNMPTN 2012 Zulkifli Dahlan, dalam sosialisasi SNMPTN di Jakarta, belum lama, perbedaan mendasar ujian tertulis SNMPTN 2012 hanya terletak pada jumlah kode soal, sedangkan sisanya cenderung sama dengan SNMPTN yang diselenggarakan pada 2011. Bedanya hanya itu, kalau tahun lalu kode soal peserta hanya dua, sekarang dibuat jadi empat oleh panitia.

Upaya ini mencegah terjadinya aksi saling contek peserta hingga perjokian. Dengan sistem seperti ini, ditargetkan peserta yang lulus memang benar-benar memiliki kemampuan akademik yang berkualitas. Dengan pola baru ini, segala bentuk kecurangan mudah-mudahan tidak terjadi lagi, karena soalnya lain-lain. Soal seperti ini akan berlaku bagi semua peserta ujian tertulis SNMPTN, baik itu IPA, IPS, maupun IPC.

Selamat berjuang calon mahasiswa pilihan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s