Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PMRI

Standar

Dengan memperhatikan komponen, ciri, karakteristik dan proses

 

pembelajarannya, secara singkat urutan proses pembelajaran dengan

pendekatan kontekstual atau realistik dapat dituliskan sebagai berikut.

1. Kegiatan Awal atau Pembukaan

a. Penyampaian tujuan pembelajaran

b. Penyampaian pokok-pokok materi atau relevansi

c. Pemberian motivasi pelajaran dan melakukan apersepsi

d. Penjelasan tentang pembagian kelompok dan cara belajar

 

2. Kegiatan Inti

a. Dimulai dengan masalah kontekstual atau realistik.

b. Siswa diberi kesempatan menyelesaikan masalah dengan memilih

atau membangun strategi sendiri (disampaikan batasan waktu).

c. Guru memfasilitasi, antara lain dengan menyiapkan alat peraga atau

media yang lain seperti lembar permasalahan, lembar kerja ataupun

lembar tugas.

d. Sesudah waktu habis, beberapa siswa menjelaskan caranya

menyelesaikan masalah (informal). Jangan mengintervensi, biarkan

siswa selesai mengutarakan idenya.

e. Diskusi kelas dipimpin oleh guru

f. Penyampaian tugas berikut:

1) menggambar atau membuat skema

2) siswa menyajikan hasil yang diperoleh

3) tanggapan siswa lain

g. Diskusi kelas dipimpin oleh guru

h. Guru meminta siswa merenungkan materi yang baru saja dipelajari

i. Guru secara perlahan membawa siswa ke matematika formal

 

3. Kegiatan Akhir atau Penutup

a. Penarikan kesimpulan dari apa-apa yang telah dipelajari dalam

pembelajaran sesuai tujuan yang akan dicapai.

b. Melakukan refleksi terhadap setiap langkah yang ditempuh atau

terhadap hasil pembelajaran.

c. Pemberian tugas atau latihan

 

4. Asesmen Berkelanjutan dengan Memakai Penilaian yang Autentik

Berdasarkan uraian di atas dan mengacu pada standar proses yang dikeluarkan Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP) tahun 2007, maka merencanakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual atau realistic dapat dibuat dalam bentuk RPP sebagai berikut.

1. Menuliskan Identitas Mata Pelajaran Meliputi:

a. Satuan Pendidikan

b. Kelas/Semester

c. Mata Pelajaran/Tema Pelajaran

d. Jumlah Pertemuan

2. Menuliskan Standar Kompetensi

Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester pada suatu mata pelajaran. Pada bagian ini dituliskan standar kompetensi mata pelajaran, cukup dengan cara mengutip pada standar isi atau silabus pembelajaran yang telah dibuat guru.

3. Menuliskan Kompetensi Dasar

Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu mata pelajaran. Pada bagian ini dituliskan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik setelah proses pembelajaran berakhir, cukup dengan cara mengutip pada standar isi atau silabus pembelajaran yang telah dibuat guru.

4. Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator pencapaian kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Contoh kata kerja operasional antara lain: mengidentifikasi, menghitung, membedakan, menyimpulkan,  menceritakan kembali, mempraktekkan, mendemonstrasikan, dan mendeskripsikan. Indikator pencapaian hasil belajar dikembangkan oleh guru dengan memperhatikan perkembangan dan kemampuan setiap peserta didik. Setiap kompetensi dasar dapat dikembangkan menjadi dua atau lebih indikator pencapaian hasil belajar, hal ini sesuai dengan keluasan dan kedalaman kompetensi dasar tersebut. Indikator dikembangkan oleh guru sekolah sesuai dengan kondisi daerah dan sekolah masing-masing.  Dalam membuat indikator ini, guru juga perlu melihat KD yang sama di kelas sebelum dan sesudahnya agar lebih tepat dalam menentukan indikator sesuai dengan kelas dimana KD tersebut diajarkan.

5. Merumuskan Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.  Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan SK, KD, dan Indikator yangtelah ditentukan. Tujuan ini difokuskan tergantung pada indikator yang dirumuskan dari SK dan KD dan standar isi mata pelajaran matematika yang akan dipelajari siswa.

6. Materi Ajar

Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indicator pencapaian kompetensi.

7. Menuliskan Materi Prasyarat

Materi Prasyarat ini merupakan materi atau kompetensi yang harus sudah dimiliki atau dikuasai siswa yang berkaitan dengan materi atau kompetensi yang akan dipelajari. Dalam pembelajaran matematika materi prasyarat ini sangat perlu, karena dalam pembelajaran matematika antara materi satu dengan yang lain saling berkaitan satu

sama lain. Pada proses pembelajaran kompetensi ini dapat diukur melalui kegiatan pendahuluan.

8. Alokasi Waktu

Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD  dan beban belajar.

9. Menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan

Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran. Pada bagian ini  dituliskan semua metode yang akan digunakan selama proses pembelajaran berlangsung.

10. Merumuskan kegiatan pembelajaran

a. Pendahuluan

Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan  memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Pada pendahuluan ini secara garis besar dapat memuat hal-hal sebagai berikut.

1) Deskripsi singkat

Deskripsi singkat adalah penjelasan singkat (secara global) tentang isi pelajaran yang berhubungan dengan kompetensi yang diharapkan. Dimaksudkan agar pada permulaan kegiatan belajarnya siswa telah mendapat jawaban secara global tentang isi pelajaran yang akan dipelajari.

2) Relevansi

Relevansi adalah kaitan isi pelajaran yang sedang dipelajari dengan pengetahuan yang telah dimiliki siswa atau dengan pekerjaan yang dilakukannya sehari-hari. Dalam hal ini dapat juga mengingatkan kembali materi prasyarat (apersepsi)

3) Tujuan/kompetensi

Tujuan adalah kemampuan atau kompetensi yang akan dicapai siswa pada akhir proses belajarnya

4) Penjelasan tentang pembagian kelompok dan cara relajar

b. Inti

Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat,

dan perkembangan fisik serta psiikolgis peserta didik. Kegiatan inti ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Pada kegiatan inti ini siswa mendapat fasilitas atau bantuan untuk mengembangkan potensinya secara optimal. Pada kegiatan inti secara garis besar berlangsung hal-hal berikut.

1) Memulai pembelajaran dengan mengajukan masalah (soal) yang nyata (riil) bagi siswa sesuai dengan pengalaman dan tingkat pengetahuannya, sehingga siswa segera terlibat dalam pelajaran secara bermakna

2) Permasalahan yang diberikan tentu harus diarahkan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran

3) Siswa mengembangkan model-model simbolik secara informal terhadap persoalan/masalah yang diajukan.

4) Pembelajaran berlangsung secara interaktif, siswa menjelaskan dan memberikan alasan terhadap jawaban yang diberikannya, memahami jawaban temannya (siswa lain), menyatakan setuju atau ketidak setujuannya, mencari alternatif yang lain.

c. Penutup

Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut, yaitu seperti berikut.

1) Penarikan kesimpulan dari apa-apa yang telah dipelajari dalam pembelajaran sesuai tujuan yang akan dicapai.

2) Melakukan refleksi terhadap setiap langkah yang ditempuh atau terhadap hasil pembelajaran.

3) Pemberian tugas atau latihan

11. Penilaian Hasil Belajar

Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.

12. Sumber belajar

Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. Pada bagian ini dituliskan semua media atau alat atau bahan atau sumber yang digunakan selama proses pembelajaran berlangsung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s